Kamis, 10 Mei 2018

Hati-hati dengan Keamanan Rumah: 8 Tips Amankan Rumah dari Maling

Perampokan dan pencurian sudah menjadi persoalan yang sangat merisaukan dari dahulu. Tindakan kriminal semacam ini pasti saja melanggar hukum dan untuk pelakunya di jerat dengan hukuman pidana "bila tertangkap". Motivasi dari seorang pencuri tak hanya karena ekonomi saja, namun sebab adanya peluang dan niat dari pelakunya, yang pasti adalah karena kurangnya iman.

Hati-hati dengan Keamanan Rumah: 8 Tips Amankan Rumah dari Maling

Karena bagaimanapun pun seorang pencuri atau perampok pasti tak punya aqidah dan iman yang kuat kepada Allah SWT yang telah membagikan rizki untuk seluruh makhluk-Nya. Sementara untuk orang yang kuat imannya pasti akan menjauhi tindakan tercela tersebut walaupun ada peluang dan dalam situasi ekonomi yang serba pas.

Berikut ini adalah tips apa saja yang dapat digunakan untuk menyelamatkan rumah dari tindakan perampokan:

1. KUNCI PINTU & JENDELA YANG KUAT

Pemilihan kunci pintu dan jendala yang kuat sangat penting supaya menyulitkan orang yang mempunyai niat jahat terhadap rumah anda. Bila perlu gunakanlah kunci alarm pada kunci pintu dan jendela anda.

2. PASANG PAGAR DAN TERALIS JENDELA

Memasang teralis besi pada jendela itu menjadi sebuah keharusan, agar pencuri tidak bisa masuk kerumah karena adanya teralis besi.

3. PASANG CCTV

Kamera CCTV tak hanya dikhususkan untuk tempat-tempat umum, seperti perkantoran atau pusat perbelanjaan saja. Kamera mungil pengintai pencuri ini pun dapat dipakai di rumah anda. Sudah banyak produsen gadget sekarang yang menyediakan kamera CCTV yang dapat dihubungkan dengan gadget dan dapat melaporkan situasi di rumah anda lewat e-mail atau SMS. Dua di antaranya merupakan Logitech Digital Video Security System (Logitech.com) dan Alertme.com.

3. MERAWAT RUMAH DENGAN BAIK

Jika pagar rumah anda mulai rusak, penyok, atau miring, segera perbaiki. Pagar yang rusak mengisyaratkan jika pemilik rumah ini tidak merawat rumahnya dengan baik. Ini salah satu alasan yang dipakai oleh para pencuri dalam memilih target incarannya.

Perbaiki bagian rumah yang rusak, segera sesudah anda menyadarinya. Rumah yang terawat dengan rapi membuat semua pencuri bersugesti bahwa penghuninya pun mempunyai penjagaan tambahan yang ketat.

4. AMANKAN HEWAN PELIHARAAN

Memasang peringatan “Awas Anjing Galak” di pagar rumah sama saja dengan mengindikasikan bahwa anda tak mempunyai alarm, kamera CCTV, atau trik lain untuk menjaga rumah anda. Para pemilik anjing penjaga hanya mengandalkan anjingnya untuk melindungi rumah. Di samping itu, peringatan ini dapat menciptakan kawanan pencuri bersiap-siap melumpuhkan anjing terlebih dulu sebelum menembus rumah anda.

Dengan tidak memasang pemberitahuan “Awas Anjing Galak” di depan rumah, anda akan membuat para pencuri tidak cukup waspada ketika memasuki rumah anda. Tanpa mereka sadari, seekor anjing ganas siap menyambut mereka.

5. PENTINGNYA GORDEN

Selalu mengunci pintu dan jendela, walau ketika anda sedang di rumah. Para pencuri telah semakin nekat saja, berani menerobos masuk rumah walau sedang ramai penghuni.

Pasang gorden di masing-masing jendela, termasuk di belakang rumah, seperti dapur. Tanpa gorden, semua pencuri akan mudah untuk mengintai setiap kegiatan anda dan memahami kapan kita lengah.

6. GUNAKAN ALARM PADA MOTOR DAN MOBIL

Selanjutnya ialah memasang alarm pada kendaraan baik motor atau mobil. Tak hanya mengincar barang berharga dalam rumah, tidak sedikit juga pencuri yang mengincar kendaraan bermotor korbannya. Untuk mengantisipasi pasanglah alarm motor yang dapat mematikan dan menghidupkan mesin jarak jauh dan dapat membunyikan alarm andai motor tersenggol atau bergerak.

7. HAFAL KONDISI RUMAH

Saat Anda akan bepergian dalam waktu yang lama, foto atau rekam situasi terakhir rumah sebelum anda pergi. Dengan teknik ini, Anda dapat segera menyadari bila terjadi perubahan di rumah anda, seperti posisi barang yang beralih atau hilang. Foto atau video rekaman ini pun dapat dijadikan bukti kepada pihak asuransi. Tapi hati-hati, bawa serta hasil rekaman dan fotonya, tidak boleh sampai ikut dibawa maling.

8. JIKA PENCURI KEPERGOK / KETAHUAN

Usahakan tidak boleh menyerang, bila anda tak punya ilmu beladiri, atau tak mahir memakai senjata. Pelaku pencurian telah siap untuk serangan balik andai kata kepergok oleh korbannya, termasuk menyembunyikan senjata di balik pakaiannya. Tak tidak banyak jatuh korban nyawa saat bergulat dengan pencuri.

Jika anda berhadapan langsung dengan si pencuri, segera pecahkan jendela lokasi tinggal untuk menarik perhatian tetangga atau petugas siskamling. Anda juga dapat melarikan diri lewat jendela dan mengunci pagar rumah supaya pencuri tidak kabur.