Minggu, 20 Mei 2018

5 Oleh-oleh Super Lezat dan Wajib di Beli Jika Berkunjung ke Kota Pahlawan Surabaya

Hari ini kita akan membahas tentang hal yang cukup menarik untuk diperbincangkan, yaitu tentang makanan oleh-oleh.

Dikarenakan saya dan beberapa keluarga memang sedang ada kegiatan yang mengharuskan tinggal di Surabaya untuk beberapa waktu, maka tidak ada salahnya jika kita membahas hal-hal yang berhubungan dengan kota pahlawan ini.


Jujur, jika saya ditanya apa sih makanan khas Surabaya? Hmm mungkin saya tidak bisa menjawabnya karena saya kurang familiar dengan kota ini, kalau daerah Jogja mungkin saya tahu semisal gudeg Jogja yang sangat terkenal itu, tapi kalau Surabaya... saya nyerah.

Inilah hal yang menarik, dikarenakan saya tidak tahu apa saja makanan enak atau oleh-oleh yang lezat khas Surabaya, maka mulailah saya mencari referensi yang bisa memberikan saya informasi mengenai hal ini.

Saking banyak info yang saya temukan, maka saya harus merangkum semuanya menjadi lebih padat dan inilah hasilnya, bahwa oleh-oleh di bawah ini memang layak untuk kita coba, check this out!

Disclaimer.. ini adalah makanan-makanan yang menurut saya enak bagi perut saya

1. Almond Crispy
Tidak semuanya yang berlabel almond itu harus kacang murni, nah makanan ini adalah sejenis cemilan yang renyah dan dinakaman Almond Crispy. Mengapa oleh-oleh ini layak untuk kita beli? Ini karena cemilan ini sangat enak dan menjadi salah satu makanan favorite warga Surabaya akhir-akhir ini.

Dari bahannya sih tidak ada yang terlalu istimewa, hampit mirip dengan jenis cemilan lain semisal mengandung bahan tepung, gula, keju, telur, susu dan tentu saja Almond. Jika Anda ingin membelinya jangan lupa untuk memilih rasa yang disediakan yaitu rasa Teh Hijau, Keju  atau Coklat Keju.

2. Abon
Siapapun tahu bahwa abon adalah makanan dari daging sapi yang dikemas sedemikian rupa. Makanan ini sangat terkenal dari Sabang  sampai Merauke semuanya pasti tahu apa itu abon.
Di Surabaya ada salah satu nama abon yang terkenal dan banyak disuaki oleh banyak orang, itulah abon sapi Padmosusastro.

Jika anda suka sekali ditemani abon ketika makan nasi putih yang hangat, maka anda wajib coba abon sapi Padmosusasto. Mengapa harus abon merek ini yang kita coba? Jawabannya adalah karena abo inilah yang paling enak menurut warga disana.

Tak cukup sampai disitu, anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan abon yang terletak di Jalan Padmosasastro. Kalau suka pedas abon ini juga menyediakan abon versi pedas yang siap menemi hidangan Anda. Bagaimana dengan hargaya? Cukup murah tidak sampai 50.000 Anda bisa membawa pulang abon sabo seberat 1kilo... mantap re..

3. Kue lapis Legit (Spikue)
Saya rasa makanan ini sangat disukai dari anak kecil sampai orang dewasa, wanita maupun pria. Kue yang memiliki cita-rasa manis dan harum ini sangat nikmat jika ditemani oleh secangkir teh manis hangat.

Spikoe yang juga disebut kue lapi adalah kue warisan jaman dahulu yang masih eksis sampai sekarang.  Spikoe ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yag paling diminati oleh banyak orang.

Aroma manis dan coklatnya memang sangat menggoda, untuk itu jika Anda sedang berada di Surabaya, maka tidak salah untuk mencari oleh-oleh yang satu ini.

4. Kue Kukus
Ini adalah salah-satu jenis masakan kue yang sangat saya gemari, kue kukus. Kue kukus yang masih saudara kue lapis ini memang memiliki cita-rasa yang sangat menggoda apalagi bagi para penggemar makanan manis yang ringan.

Bagi Anda pecinta cake, kue kukus khas Surabaya jangan sampai Anda lewatkan karena kue kukus Surabaya merupakan salah satu jenis masakan khas Surabaya yang terkenal akan kenikmatannya.
Jika Anda ingin mencicipinya, Anda bisa berkunjung ke Jalan Kutai Raya No 35.

5. Bebek Djangkep
Siapa orang Surabaya yang tidak suka makanan olahan dari bebek? Surabaya adalah kota yang justru sangat dekat dengan makanan yang berasal dari daging bebek.

Bebek Djangkep adalah salah satu jenis masakan dari bebek yang digemari warga Surabaya. Bebek Djangkep ini biasanya dibungkus seperti pepes menggunakan bahan olahan dan bumbu khusus yang khas yaitu bumbu kuning.

Untuk membuat makanan bisa dibawa bepergian jauh sebagai oleh-oleh, bungkus masakan ini sudah kedap udara menjadikan tahan lama dan aman untuk dijadikan hadiah bagi sipapun yang suka olahan bebek.

Berapa harganya? Masih murah, hanya berada disekitaran harga 100 ribuan, dan yang paling penting satu bungkus nya bisa disajikan untuk beberapa orang alias bisa untuk makan bareng keluarga, jangan lupa sambal dan nasi hangatnya supaya lebih nikmat!

Nah itulah 5 makanan khas dari Surabaya yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk Anda dan kelaurga, jangan lupa, Surabaya juga merupakan salah satu kota besar yang memiliki banyak sekali jenis makanan unik yang bisa Anda temukan dengan mudah jika Anda mau berjelajah.
Selamat makan!