Sabtu, 05 Mei 2018

Belajar Bahasa Inggris Sendiri Dirumah? Semua Bisa, Ini Tipsnya

Keseharian yang lumayan banyak membuat sebagian orang lebih memilih untuk belajar bahasa inggris sendiri daripada harus tergesa-gesa ke tempat kursus setelah pulang bekerja. Sekalipun begitu ternyata tidak sedikit juga yang sukses dengan teknik belajar Bahasa inggris ini di rumah.


Hal yang paling mengasyikkan belajar di rumah ialah anda bisa belajar dengan metode yang anda inginkan tanpa mesti mengikuti pelajaran yang diserahkan oleh guru anda atau mesti mengejar ketertinggalan dari rekan di ruang belajar anda. Anda dapat belajar senyaman Anda sampai-sampai proses belajar menjadi lebih efektif.

Lambat laun, Anda akan menyadari bahwa sumber belajar yang kita butuhkan untuk belajar bahasa Inggris dapat anda temukan di rumah. Internet bukan satu-satunya sumber yang tidak terbatas yang dapat membantu kita belajar bahasa Inggris akan tetapi juga media yang paling mudah untuk dipakai belajar bahasa Inggris kapanpun kita mau. Dengan adanya internet dan 5 tips mujarab inilah ini, jalan menuju keberhasilan belajar bahasa Inggris akan semakin cepat diraih.

1. Mendengarkan musik dan memperhatikan lirik lagunya

Musik tidak jarang kali dapat membuat pendengarnya merasa tenang juga dapat menambah motivasi untuk bekerja atau belajar. Menggabungkan musik dengan belajar bahasa Inggris tidak hanya akan menghibur anda namun juga dapat meningkatkan keterampilan bahasa secara efektif.

Mari mulai dengan lagu yang familiar atau lagu yang anda suka. Itu bakal menjadi awal yang bagus untuk anda dengarkan setiap hari. Sementara ini simpan dulu lagu rock atau rap sebab musik dari genre ini paling sulit untuk didengarkan liriknya karena dapat membuat anda jadi salah untuk memahami atau melafalkannya.

Gunakan penelusuran di Youtube. Dengarkan berulang-ulang hingga anda mulai mengerti lagu tersebut. Belajar untuk memprediksi apa makna dari kosa kata baru yang anda temukan. Kemudian lanjutkan video musik dengan liriknya, dan ulas kosa kata baru yang anda temukan. Itu akan membantu anda untuk memperhatikan lebih lama.

2. Menonton Film atau Program TV Berbahasa Inggris

Menonton film atau Program TV berbahasa Inggris dapat membantu anda untuk meningkatkan keterampilan anda berbahasa Inggris.

Anda akan mendengar tidak sedikit orang berdialog menggunakan bahasa sehari-hari. Sehingga, Anda akan mendapatkan tidak sedikit kosa kata baru dan ungkapan-ungkapan umum dalam berkomunikasi sehari-hari.

Jika anda mengalami kendala dalam mengetahui apa yang disebutkan oleh pemain dalam film tersebut, aktifkan terlebih dahulu subtitle bahasa Inggris. Ketika kita sudah tak asing dengan ucapan-ucapan tersebut, ulangi lagi film-nya dan tidak perlu memakai subtitle, dengarkan lagi dialog nya untuk mencoba keterampilan mendengar Anda.

Reality Show dengan bahasa yang gampang dimengerti seperti Master Chef, American Next Top Model, Beauty and the Beast dengan sejumlah film yang ceritanya nyaris sama dengan kehidupan keseharian seperti Friends, How I Met Your Mother, Glee dan film-film animasi lainnya dapat menjadi opsi yang bagus untuk belajar bahasa Inggris.

3. Chat Secara Online dengan Teman-Teman

Berdialog secara online dengan teman-teman ialah salah satu teknik yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Sangat bertolak belakang dengan berbicara dengan guru, teman-teman di kelas, ataupun di tempat kerja sebab anda dapat menggunakan ucapan-ucapan yang simpel tanpa takut untuk salah. Anda dapat melatihnya dalam situasi keseharian tanpa ada desakan atau target apapun.

Ketika Anda berbicara secara online dengan teknik mengetik, anda pasti punya waktu jeda untuk memeriksa grammar sebelum menjawab. Ketika anda berbicara secara langsung, anda dapat mencoba refleks dan keterampilan anda dalam membalas menggunakan bahasa Inggris.

4. Membaca Buku Elektronik (E-Book) atau Majalah Online

Membaca juga sama pentingnya dengan mendengarkan dalam belajar bahasa Inggris. Keduanya akan membantu anda lebih mengerti tidak sedikit dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Orang-orang yang berbicara menggunakan bahasa Inggris namun bukan pencerita asli biasanya harus menerjemahkan terlebih dahulu kata--kata mereka ke dalam bahasa mereka sendiri sebelum berbicara, proses ini mengindikasikan refleks dalam komunikasi. Bagaimanapun andai otak belajar untuk mempunyai pandangan dalam bahasa Inggris, mengetahui dan berkata bahasa Inggris akan lebih mudah.

Internet ialah media yang tepat untuk anda menemukan tidak sedikit buku elektronik juga majalah berbahasa Inggris dari yang mudah sampai yang susah pun ada. Carilah konten yang paling anda sukai, contohnya memasak, fashion, atau yang lainnya yang akan membuat anda merasa energik dan mudah mengetahui kontennya.

5. Menulis apa yang anda pikirkan

Mari anda aplikasikan apa yang sudah anda pelajari dalam kehidupan nyata. Cara yang bagus untuk memulai ialah dengan menulis buku harian anda. Dengan menggunakan kosa kata baru ataupun grammar yang baru anda pelajari untuk menulis apa yang anda alami seharian, maka anda akan mengingatnya lebih lama.

Kemudian tidak boleh lupa pun untuk memriksa kekeliruan dalam daftar anda terutama untuk grammar dan format kata. Anda bisa menemukan software untuk memeriksa grammar di internet bila anda membutuhkannya.